Rabu, 29 Desember 2010

Santap Siang di Rumah Makan Jago Rasa


Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Asian
Location:Puncak, Bogor
Pernah mendengar Rumah Makan Jago Rasa? Bila Anda kebetulan sedang ke Puncak, Anda bisa bersantap di rumah makan khas Sunda ini. Lokasinya strategis, di pinggir jalan raya Puncak, sekitar 100 meter sebelum pintu masuk Taman Wisata Matahari (TWM). Rumah makan yang berlatar belakang pegunungan ini terbagi ke dalam dua bagian. Di bagian atas terdapat dapur serta tempat makan berupa deretan meja dan kursi. Sementara di bagian bawah terdapat empat saung untuk lesehan, dua ruang yang berisi deretan meja kursi seperti di bagian atas serta mushola dan toilet. Bila Anda membawa anak, tak perlu khawatir bila si kecil rewel. Sebab di depan saung, ada taman kecil yang berisi aneka permainan anak seperti ayunan, njot-njotan dan kolam ikan.

Suatu siang, usai mengunjungi TWM, kami hendak mengisi perut. Belum jauh berkendara dari gang keluar TWM, kami melihat banner rumah makan yang tulisannya menarik perhatian, ”Rumah Makan Khas Sunda Jago Rasa, Nasi Timbel Pa’ Dudung”. Tak perlu berlama-lama di jalan, RM Jago Rasa diputuskan sebagai tujuan santap siang kami. Begitu sampai di RM Jago Rasa, seorang pelayan memberi kami pilihan tempat makan, di bagian atas atau di bagian bawah. Karena ingin makan sambil lesehan, kami pun memutuskan makan di bagian bawah. Kami lalu memilih salah satu saung yang dekat dengan tangga turun. Setelah kami semua berada di dalam saung, pelayan menyodorkan daftar menu. Karena bingung memilih menu, pelayan merekomendasikan kami agar memesan Nasi Timbel Jago Rasa Ayam Plus-Plus. Menurut pelayan, menu itu adalah salah satu andalan RM Jago Rasa. Menu itu memiliki dua pilihan ayam, yakni ayam bakar atau ayam goreng. Karena keluarga kami ada yang suka ayam bakar maupun goreng, maka kami memesan keduanya.

Pada daftar minuman, tak jauh berbeda dengan rumah makan pada umumnya. Di RM Jago Rasa tersedia aneka jus, aneka es, aneka minuman hangat dan minuman botol. Kami pun memesan minuman sesuai selera masing-masing. Sebelum ke atas untuk ke dapur, pelayan menyebutkan ulang pesanan kami. Sekitar jam 1 siang, pesanan kami mulai dipersiapkan. Sembari menunggu kedatangan pesanan, saya menemani ponakan bermain ayunan. Kira-kira tiga puluh menit kemudian, pesanan datang. Rupanya selain menu yang kami pesan, pelayan juga membawakan minuman dan makanan ’selamat datang’. Teh manis hangat dan semangkuk sayur asem adalah menu ’selamat datang’ yang disediakan di rumah makan ini .

Setelah perut melakukan ’pemanasan’ dengan mencicipi sayur asem dan menyeruput teh tawar hangat, tibalah saatnya menyantap menu utama, Nasi Timbel Jago Rasa Ayam Plus-Plus. Saya memilih menu yang ayam bakar. Daging ayamnya terasa empuk. Aroma kunyit langsung terasa di lidah saat pertama kali mencicipinya. Menu ini disajikan lengkap dengan lalapan, tahu, tempe dan sambal ala Jago Rasa yang rasanya pedas mantap! Seperti ayam bakar, daging ayam goreng pun terasa aroma kunyit. Namun menurut salah satu saudara yang menyantapnya, rasa ayam goreng itu kurang ’nendang’. Berhubung pedas sambalnya pooollll, tak sedikit pun daging ayam goreng tersisa di piringnya. Nasi timbel dengan ayam goreng tadi, oleh saudara dinilai 7 dari skala 1-10. Sementara menurut saya, nasi timbel dengan ayam bakar pantas diberi nilai 8.

Untuk menetralisir rasa pedas, kami pun menyeruput minuman yang serba manis. Ada yang menyeruput Es Teler 22, jus melon, hingga jus wortel. Aneka minuman manis itu memang cocok untuk meredam rasa ’panas’ di lidah. Untuk segelas Es Teler 22 yang berisi alpukat, nangka dan kelapa, dihargai Rp 13.500,00. Jus Melon dan Jus Wortel masing-masing dihargai Rp 9.900,00 dan Rp 8.000,00. Sementara menu andalan Nasi Timbel Jago Rasa Ayam Plus-Plus dihargai Rp 22.000,00. Walaupun menu yang disajikan tak jauh berbeda dengan restoran khas Sunda lainnya, hidangan di RM Jago Rasa ini layak untuk dicoba. Dengan pemandangan pegunungan yang asri dan hawa yang sejuk, hidangan di sana cukup terasa nikmat. Nah, kalau akhir pekan nanti Anda jalan-jalan ke Puncak, mampirlah untuk mencicipi sajian RM Jago Rasa yang murah, ngareunah dan merenah! Jago Rasa Rumah Makan Khas Sunda Jl. Raya Puncak Leuwimalang Km 77, Cisarua – Bogor. Telp: (0251) 8258965.

Link lomba : http://bunda2f.multiply.com/journal/item/343/Lomba_Menulis_Review

1 komentar:

  1. Memang mantabps rasa makanan di Jago Rasa, apalagi LUMPIA sampai mau order lagi kehabisan, pasti akan mampir makan bila ke Puncak dan wajib itu YESSSSSSSS

    BalasHapus