Rabu, 29 Desember 2010

It's Boygirl Thing, Film Kocak nan Bijaksana


Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Romantic Comedy
Judul Film : It's Boygirl Thing
Sutradara : Nick Hurran
Producer : Martin Katz
Executif Producer : Elton John
Starring : Kevin Zegers (as Woody Deane), Samaire Armstrong (as Nell Bedworth), Mpho Koaho (as Harry)

Film ini menceritakan dua orang remaja yang sekelas dan bertetangga, namun tak akrab satu sama lain. Woody, kapten tim American Football yang populer di sekolahnya. Sementara Nell, salah satu murid pintar yang nggak populer. Woody jadi idola seantero sekolah. Berkebalikan dengan Nell, yang selalu jadi bahan olok-olok temannya karena kecintaannya pada sastra.
Woody yang tabiatnya jahil, senang mengerjai Nell. Saat pelajaran sejarah, diam-diam Woody membuka halaman situs porno di komputer yang sedang dipakai Nell. Akibatnya Nell dihukum oleh gurunya. Meski Woody dan Nell tak akrab, tiap kali berpapasan Woody selalu tergoda untuk memancing Nell berdebat dengannya.

Suatu hari, sekelas melakukan kunjungan ke museum. Karena ketahuan bercanda, guru melarang Woody satu kelompok dengan Harry, sahabatnya Woody. Sebagai gantinya, Woody diminta sekelompok dengan Nell. Karena tak puas dengan ketentuan guru, Woody dan Nell saling mengolok satu sama lain. Tanpa disadari, mereka bertukar kata di depan Patung Mastacalapoga (dewa zaman purba). Setelah Nell menyatakan harapannya Woody berubah jadi perempuan, saat itu juga keluar semacam aura dari patung itu. Mereka sama sekali tak menyadarinya. Malam harinya, mereka berdua tidur dengan gelisah. Diam-diam, aura patung tadi kembali merasuki mereka berdua. Woody yang pertama kali bangun di pagi harinya, kaget setengah mati mendapati jiwanya ada dalam tubuh Nell. Begitu juga sebaliknya, Nell terkejut dirinya terbangun di kamar Woody. Bisa ditebak, adegan berikutnya menggambarkan bagaimana kecanggungan Woody dan Nell dalam menjalani kehidupan dengan tubuh yang berbeda. Sejak itulah, film ini dihiasi banyak adegan-adegan lucu.

Sekilas film ini mirip dengan film The Hot Chick (THC), yang juga mengisahkan pertukaran jiwa antara pria dan wanita. Namun, tetap ada perbedaan diantara kedua film itu. Kalau THC media pertukaran jiwanya berupa anting kuno, sementara film ini berupa patung purba. Perbedaan lainnya, dalam film THC pertukaran jiwa dialami oleh perampok dan gadis pemandu sorak. Sementara dalam film ini, pertukaran jiwa terjadi pada sesama murid SMA. Dari unsur komedi, film ini nyaris sama lucunya dengan film THC. Dari segi akting pun, duet Kevin Zegers-Samaire Armstrong mampu berakting sekocak Rob Schneider di THC.

Namun dari segi kekuatan cerita, menurut saya film ini lebih unggul daripada THC. Film ini menggambarkan bagaimana pertukaran jiwa justru membuat dua orang yang berbeda karakter mampu saling memahami dan bekerja sama. Sejak ’bertukar jiwa’, terbukalah watak asli dan latar belakang keluarga masing-masing. Meski begitu, pertukaran jiwa sempat membuat mereka khawatir akan masa depan. Woody pesimis bisa ikut pertandingan penentuan juara dengan tubuh Nell. Begitu juga sebaliknya, Nell khawatir nggak diterima di Universitas Yale bila yang melakukan wawancara adalah Woody dengan tubuh Nell. Di tengah keputusasaan, Woody dapat ilham. Woody yang menggunakan tubuh Nell, minta kesediaan Nell belajar football. Sebagai imbalannya, Woody berjanji akan menjawab pertanyaan wawancara sebaik mungkin. Karena kesepakatan itulah, mereka berdua belajar sesuatu yang baru. Nell belajar football, sementara Woody belajar memahami sastra. Tanpa disadari, upaya keras mereka dalam mempelajari hal baru, membuat mereka dekat satu sama lain. Dari situlah, muncul kekaguman pada diri masing-masing. Benih-benih cinta pun tumbuh di antara mereka. Cukup mudah menangkap pesan film ini, yaitu pertukaran jiwa tak semestinya menghalangi ambisi mereka. Sikap terbaik adalah menerima dan menyiasati tubuh yang ’salah’ itu. I love this film! (^_^)

Link lomba : http://bunda2f.multiply.com/journal/item/343/Lomba_Menulis_Review

Tidak ada komentar:

Posting Komentar